Skip to content

Kelompok Ternak Sergai Butuh Perhatian

23 September 2009

PARA peternak sapi dan kambing di Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut), membutuhkan perhatian dan bantuan dari pemerintah setempat. Di Desa Kota Tengah, Dolok Masihul, misalnya, para peternak sapi dan kambing mengaku belum memperoleh perhatian atau bantuan yang semestinya meski mereka telah berupaya membentuk kelompok-kelompok ternak sebagai wadah persatuan para peternak.

Kelompok ternak Prima Jaya yang tumbuh dan berkembang dari swadaya anggotanya mengaku dua tahun belum mendapatkan bantuan tersebut. Itulah yang dikemukakan Daud Si Kumbang, salah satu penggerak dan pelopor kelompok ternak tersebut, kepada Tabloid FORSAS di Sergai.

‘’Melalui FORSAS, kami menyatakan sangat butuh perhatian dan bantuan itu demi menyejahterakan rakyat,’’ ujar Daud.

Sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 273 / KPTS / OT.160 / 4 / 2007 Tanggal 13 april 2007 tentang Pedoman Pertumbuhan dan Pengembangan Kelompok Tani / Ternak dan Gabungan Kelompok Tani / Ternak, serta Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 1997 tentang Pemerintahan Desa, Pemerintah Daerah terkait seharusnya berperan aktif dalam mengadakan pembinaan dan pengembangan di berbagai bidang di desa yang dipimpinnya.

Untuk menyampaikan aspirasi ini, Ketua FORSAS Sergai Pandapotan Sinaga akan membantu menyampaikan kepada dinas terkait agar harapan warga untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya bisa terpenuhi. Selain itu, FORSAS Sergai juga akan mengadakan pembinaan kepada pengurus kelompok-kelompok ternak yang ada agar sejalan dengan kebijakan pemerintah.

Romi Sinaga

Sumber : Nusantara Edisi 5 / September 2009

Iklan
One Comment leave one →
  1. putra seven permalink
    1 Februari 2010 15:02

    ya sngat di butuhkan sekalai itu ,,tapi tetap pengawasan yang melekat dalam penyaluran nya nanti …apa lagi hal tersebut ikut mengerakan roda per ekonomian masyarakat yg tinggal di dolok masihul …!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: