Skip to content

Demokrat Tak Paksakan Kadernya Maju

21 Februari 2010

PEMILIHAN WALI KOTA MEDAN

Partai Demokrat tidak memaksakan diri mengusung kadernya untuk maju dalam pemilihan Wali Kota Medan periode 2010-2015 pada Mei mendatang. Menurut anggota Fraksi Partai Demokrat di DPR RI, Ramadhan Pohan, banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh Partai Demokrat untuk mengusung kadernya sebagai orang nomor satu di Medan, termasuk hasil jajak (polling) oleh tim independen.

Pilkada, demikian Ramadhan, bukan untuk memilih ketua DPC dan DPD, tetapi memilih calon kepala daerah. Oleh karena itu, tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari masalah suku, agama, antargolongan, dan sebagainya.

‘’Semua bergantung pada hasil polling untuk mengetahui bagaimana keinginan dan akseptabilitas publik Kota Medan terhadap calon-calon tertentu. Semua harus bisa dijaring dengan baik,’’ ujarnya kepada Tabloid FORSAS di Lobby Hotel Grand Angkasa, Medan, Sabtu 16 Januari 2010, malam.

Sampai akhir Januari, Partai Demokrat menyeleksi 10 kandidat untuk pemilihan Wali Kota itu. Sepuluh nama tersebut adalah Tenang Malem Tarigan, incumbent Rahudman Harahap, Dzulmi Eldin, Maulana Pohan, Amin Daulay, Denni Ilham Panggabean, Safwan Khayat, Ahwan Ismadi, Nurhasanah, serta Bahdin Nur Tanjung.

Kepada media setempat, Ketua Desk Pilkada Medan Partai Demokrat, Parlindungan Sipahutar, mengatakan, tiga kriteria harus dipenuhi oleh kandidat untuk diusung oleh partainya. Selain akseptabilitas, familiar, serta dikenal masyarakat, kandidat juga diharapkan memiliki kemampuan finansial yang kuat. Kandidat juga harus punya komitmen untuk membesarkan Partai Demokrat pada masa mendatang.

Soal koalisi, demikian Parlindungan, Partai Demokrat terbuka bagi partai politik mana pun dan sejauh ini sudah beberapa partai melakukan penjajakan. Namun partai-partai yang ingin bersama dengan Partai Demokrat harus memiliki komitmen bersama untuk memenangkan calon yang bakal diusung.

Dari 10 nama kandidat calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Medan yang bakal diajukan Partai Demokrat ke DPP, terdapat Denni Ilham Panggabean yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Medan.

Parianto-Asnan Zuhri I Medan

Sumber : Nusantara – Tabloid Forsas / Edisi 9 – Februari 2010

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: